SOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH




  • Bagaimana sekolah melakukan sosialisasi?
Sekolah mempersiapkan individu untuk peran-peran baru di masa mendatang manakala ia tidak lagi tergantung pada orang tuanya, yaitu dengan mengajarkan hal-hal baru yang tidak diajarkan dalam keluarga maupun kelompok sepermainannya, seperti: pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai, yang bertujuan untuk mempengaruhi perkembangan intelektual anak.
  • Fungsi nyata dari pendidikan menurut Horton
1.      Sebagai modal penting dalam menentukan mata pencaharian
2.      Dapat mengembangkan potensi demi pemenuhan kebutuhan pribadi dan pengembangan masyarakat
3.      Melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
4.      Membentuk kepribadian
  • Menurut Robert Dreeben, yang dipelajari anak di sekolah tak hanya kegiatan membaca, menulis, dan berhitung, namun juga :
1.      Kemandirian (independence)
2.      Prestasi (achievement)
3.      Universalisme (universalism)
4.      Spesifitas (specifity)
·                                                   Nilai dan norma di lingkup sekolah
o   Nilai
ü  Kemandirian
Setiap siswa diajarkan kemandirian di lingkup sekolah, seperti saat mengerjakan tugas mandiri dan ulangan. Siswa dituntut untuk mengerjakannya secara individu tanpa merepotkan orang lain. Begitu juga saat kegiatan berkemah. Siswa akan dituntut untuk belajar hidup mandiri jauh dari orang tua.

ü  Tanggung jawab
Siswa diajarkan untuk bertanggung jawab. Misalnya seorang ketua kelas. Ia akan dituntut untuk memiliki wibawa dan tanggung jawab terhadap kelas yang ia pimpin.
ü  Prestasi
Semua siswa disekolahkan orang tua mereka agar menjadi anak yang berilmu pengetahuan dan penuh akan prestasi. Karena itulah, sekolah mengajarkan kepada kita banyak hal, agar kita menjadi seseorang yang prestisius.
ü  Kejujuran
Siswa dididik menjadi pribadi yang jujur. Misalnya dalam mengerjakan ulangan harian ataupun tes, siswa diharapkan untuk mengutamakan kejujuran, yaitu dengan mengerjakan tes sesuai aturan, tanpa mencontek ataupun meminta pertolongan kepada teman yang lain.
o   Norma
ü  Tata tertib
Sekolah memberlakukan tata tertib untuk mengatur seluruh anggota sekolah agar tercipta lingkungan yang tertib dan tertaur.
ü  Kedisiplinan
Text Box: Nama : Ariffah Nourma Juwita (04)
   Dean Affandaru  (06)
   Khalifatun Saudah  (19)
Kelas : XB

“Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Sosiologi”
Sekolah mengutamakan kedisiplinan dari setiap anggota sekolah, yaitu dengan memberlakukan tata tertib, karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci kesuksesan.

Post a Comment

1 Comments