Popular Post

Posted by : Spica Luka Friday, 14 June 2013

Ini bagian landasan teori dalam tugas bahasa Indonesia ku seminggu lalu. Semoga bisa membantu :)

LANDASAN TEORI

Dari beberapa sumber yang didapat, diperoleh teori-teori sebagai berikut :
1.      Menurut Sullivan (2004) akibat yang ditimbulkan dari bullying adalah korban dapat menjadi depresi dan introvert yang berlebihan.
2.      Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh seorang psikolog bernama A. Kasandra Putranto pada seminar yang diadakan di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta pada tanggal 21 November 2012 lalu, menunjukkan bahwa dari 353 siswa yang dijadikan sampel penelitian, tindak bullying yang pernah dialami oleh mereka merupakan tindak bullying dalam klasifikasi fisik dan psikis. Bullying tersebut 33% disebabkan karena siswa kesulitan dalam bergaul dan 26% disebabkan karena fisik yang kecil/ lemah dan cacat. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan dampak yang ditimbulkan oleh aksi bullying membuat 55% siswa merasa tertekan dan gugup, sedangkan 37% siswa mengalami kekurangan dalam berkonsentrasi. Dalam penelitian tersebut, ditunjukkan pula bahwa 36% korban bullying membalas tindak bullying yang mereka terima.
3.      Berdasarkan data yang didapat dalam sebuah penemuan internasional dikatakan 59 persen siswa di Indonesia yang disurvey melaporkan bahwa siswa tersebut mendengar ejekan yang menyakitkan hati dan perasaannya setiap harinya di sekolah sehingga merasa enggan atau malas untuk datang ke sekolah lantaran trauma dan 10% sampai 16% siswa di Indonesia yang disurvey melaporkan bahwa siswa tersebut telah diejek, diolok-olok, dikucilkan, dipukul, ditendang, atau didorong setidaknya sekali dalam setiap minggunya di sekolah. (Huneck, 2006)
4.      Olweus dan kawan-kawan (2004) melakukan penelitian tentang bullying dengan skala Internasional dan mendapatkan sekitar 15% total siswa SD dan SMP atau sekitar 84.000 dari 568.000 terlibat dalam masalah bullying baik sebagai pelaku maupun sebagai korban. Angka presentase tersebut menunjukkan bahwa sekitar satu dari tujuh orang pelajar SD dan SMP terlibat masalah tersebut. Sekitar 9% atau 52.000 pelajar merupakan korban bullying dan 41.000 adalah pelaku bullying yang dilakukan lebih dari sekali. Sekitar 9.000 pelajar terlibat dalam masalah bullying baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. Ini menunjukkan bahwa 17% dari total korban bullying juga melakukan aktivitas bullying.

5.      Menurut Ratna (dalam Juwita, 2008, h.2) selaku ketua peneliti kekerasan bullying yang hasilnya diumumkan di seminar nasional ketiga anti-bullying yang digelar di Hotel JW Marriott,  meningkatnya kasus bullying di kalangan remaja disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya melibatkan peran media massa, yaitu begitu banyaknya film yang selalu menampilkan adegan kekerasan.

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. terima kasih gan, landasan teori karya ilmiah agan, akan ane jadikan referensi :)

    ReplyDelete
  2. ho,,,,gitu ya,,,thanks y,,,!!!in akan sangat berguna

    ReplyDelete
  3. Thats realy help me ;) thank !

    ReplyDelete
  4. terima kasih, ini sangat membantu :D

    ReplyDelete
  5. Oww,.. gini ya,.. makasih, sob,..

    ReplyDelete

- Copyright © Arifa`s Days - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -