Contoh Tajuk Rencana Tentang Kebersamaan



                Gara-gara ikut lomba bikin mading, dan saya kebagian tugas nulis tajuk rencana, jadilah deh ini tajuk rencana. Bikinnya bener-bener fresh, bangun tidur jam 4 pagi langsung ambil pena dan notebook, dan langsung jadi dalam waktu kurang dari setengah jam. Semoga bisa membantu teman-teman yang lagi bikin tajuk rencana tentang kebersamaan juga ya. :D


MEMBANGUN KEBERSAMAAN LEWAT KEGIATAN CLASS MEETING
                Dalam rangka memperingati hari jadi SMA N 1 Godean yang ke-26, pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2012, kepala sekolah SMA N 1 Godean secara resmi membuka kegiatan class meeting yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA N 1 Godean. Kegiatan class meeting yang berlangsung sekitar 2 minggu ini dibuka dengan upacara pembukaan yang para pesertanya merupakan kontingen dari masing-masing kelas. Setelah resmi dibuka, acara pun dilanjutkan dengan pertandingan futsal anatar kelas XI IPS1 dengan kelas XI IPS2.
                Tak hanya futsal, macam perlombaan yang disuguhkan oleh panitia sungguh beraneka ragam. Pada perlombaan futsal pun tidak dibatasi hanya untuk siswa laki-laki saja, namun juga bagi para siswa perempuan. Selain itu, diadakan pula lomba basket putra-putri, voli, badminton ganda campuran, membaca pembukaan UUD 1945, duet lagu campursari, paduan suara, peragaan busana, serta kompetisi membuat majalah dinding. Beragamnya lomba class meeting ini dimaksudkan untuk mengisi waktu senggang para siswa sekaligus sebagai refreshing setelah seminggu penuh menjalani ujian akhir semester satu.
                Namun sebetulnya, ada makna yang lebih mendalam dari kegiatan class meeting tersebut. Bukan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang dan refreshing, namun lebih menjurus pada media pembangun kebersamaan. Di saat perlombaan berlangsung, para siswa yang sedang tidak bertanding akan berkumpul pada kubu dukungannya masing-masing, berusaha untuk menyemangati “jago”nya, baik itu teman sekelas maupun kakak/adik kelas. Secara otomatis, mereka akan menggalang persatuan untuk mensuport kemenangan pihak mereka. Tak hanya kebersamaan intern, namun mereka juga dapat membangun kebersamaan ekstern. Berkumpulnya para supporter dapat digunakan sebagai media untuk mengakrabkan diri dengan supporter pihak lain.
                Persatuan dan kebersamaan tak hanya digalang oleh para supporter saja, namun juga oleh para pemain di tiap-tiap perlombaan. Hampir dari semua perlombaan berbentuk  team and group, yangmana diperlukan kebersamaan antar anggota group untuk dapat memenangkan pertandingan. Bahkan kebersamaan dengan team lawan sering terlihat saat mereka melakukan adegan lucu dan konyol di saat pertandingan berlangsung.
                Tentulah, kegiatan yang sarat fungsi dan makna ini perlu dipertahankan eksistensinya untuk tahun-tahun berikutnya, lebih-lebih dilakukan beberapa inovasi dan ide kreatif lainnya. Misalnya, dengan adanya pengajian, kegiatan sharing dan sebagainya, yang dapat digunakan sebagai media penyalur kebersamaan. Bagaimanapun, kebersamaan merupakan kunci pokok keberhasilan dan kesuksesan.

Post a Comment

1 Comments